"Mengajar sambil Belajar Sepanjang Hayat"

Menu Baru

Apa Itu Guru Pembelajar ?

Pengertian dan Program Guru Pembelajar_Apa itu Guru Pembelajar?, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Bapak Anies Baswedan ), definisi Guru pembelajar adalah guru yang ideal yang terus belajar dan mengembangkan (upgrade) diri di setiap saat dan di manapun. Guru terus belajar dan mengembangkan diri bukan untuk pemerintah atau kepala sekolah, tapi memang sejatinya setiap pendidik atau guru adalah pembelajar. Hanya dari guru yang terus belajar dan berkarya akan muncul generasi pembelajar sepanjang hayat yang terus menerus berkontribusi pada masyarakat dan lingkungannya. Guru pembelajar adalah guru yang senantiasa terus belajar selama dia mengabdikan dirinya di dunia pendidikan. Oleh karena itu, ketika seorang guru memutuskan untuk berhenti atau tidak mau belajar maka pada saat itu dia berhenti menjadi guru atau pendidik. 



Guru memiliki tugas, fungsi, dan peran yang penting dalam mencerdaskan kehidupanbangsa. Supaya dapat melaksanakan tugas, fungsi dan peran tersebut, guru perlu untukmeningkatkan profesionalismenya secara berkelanjutan. Sebagai langkahmengaktualisasikan guru professional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaanmengembangkan program kegiatan Guru Pembelajar (GP). Program GP merupakankegiatan yang penting bagi pengembangan diri guru. Karena jumlah guru yang banyakdan tersebar di seluruh Indonesia, maka dikembangkan sistem GP secara elektronikdengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), yang kemudiandisebut Guru Pembelajar Moda Daring (dalam jaringan). Dengan penggunaan modadaring ini, diharapkan semua guru peserta dapat secara aktif dalam mengakses sumberbelajar, belajar secara individu sesuai kebutuhan, dan dapat saling berbagipengetahuan/keterampilan dan pengalaman dengan guru lainnya).


Guru Pembelajar Moda daring ini terdiri dari 3 (tiga) model yaitu GP Moda DaringPenuh-Model 1, GP Moda Daring Penuh-Model 2, dan GP Moda Daring Kombinasi. GPModa Daring Penuh-Model 1 hanya melibatkan pengampu dan guru sebagai peserta.Selama proses pembelajaran, peserta dibimbing dan difasilitasi secara daring olehpengampu. GP Moda Daring Penuh-Model 2 melibatkan pengampu, mentor, danpeserta. GP moda daring model ini menggabungkan interaksi antara peserta denganmentor dan atau pengampu, yang hanya dilakukan secara daring. Sedangkan padamoda kombinasi ini, peserta melakukan interaksi belajar secara daring dan tatap muka.Interaksi belajar secara daring dilakukan secara mandiri dengan memanfaatkanteknologi informasi dan pembelajaran yang telah disiapkan secara elektronik, dan dapatdilakukan kapan saja dan dimana saja, sedangkan interaksi tatap muka dilaksanakanbersamaan dengan peserta GP lainnya di pusat belajar (PB) yang telah ditetapkansesuai dengan SK Penetapan KKG dan difasilitasi oleh seorang mentor.


Buku manual ini memberikan gambaran rinci tentang teknis penggunaan moda untukGuru Pembelajar (GP) dengan menggunakan moda daring (dalam jaringan). Bukumanual GP moda daring ini disusun sebagai pegangan bagi admin dalammelaksanakan dan menjamin serta meningkatkan mutu program GP moda daring. Bukumanual ini memuat penjelasan secara detail tentang pelaksanaan kegiatan-kegiatandalam GP moda daring sesuai dengan petunjuk pelaksanaan GP secara umum.
0 Komentar untuk "Apa Itu Guru Pembelajar ?"

Back To Top